MUFFEST++ Targetkan 40 Ribu Pengunjung dan Rp35 Miliar Transaksi

Tuesday, 19 April 22 Bonita Ningsih

Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Kinarya Cipta Kreasi menghadirkan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) pada 21-23 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Hadir untuk ketujuh kalinya ini, pihak penyelenggara menambahkan kata plus (+) di akhir kalimat menjadi MUFFEST+. 

Hadir dengan tampilan baru, MUFFEST+, kembali diselenggarakan secara offline dengan serangkaian acara di dalamnya. Terdapat fashion show yang menampilkan karya dari 100 desainer lebih, trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 peserta atau jenama fesyen muslim.

Koleksi yang dihadirkan dalam MUFFEST+ 2022 merupakan karya dari para desainer tanah air yang sudah profesional dan juga pemula. Beberapa di antaranya karya dari Hannie Hananto, Lisa Fitria, Vivi Zubedi, Deden Siswanto, Sofie, Defrico Audy, Wignyo, Rosie Rahmadi, Monika Jufry, Anggia Handmade, Irmasari Joedawinata, Syukriah Rusydi, Sulika, Nina Nugroho, Opie Ovie, Batik Chic, Benang Djarum Couture, Jenna Kaia, Lace by Artkea, kami., Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang. 

BACA JUGA:   100 Tenant Berpartisipasi dalam Pameran DXI 2023

“Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam MUFFEST+ 2022 meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i,” kata Lisa Fitria, Project Director MUFFEST+ 2022.

Selain itu, pihaknya juga kembali memberikan kesempatan bagi mahasiswa sekolah tinggi mode untuk berpartisipasi dan turut menampilkan karyanya. Beberapa kampus yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Institut Kesenian Jakarta, Telkom University, Universitas Kristen Maranatha, dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. 

“MUFFEST+ juga akan mempresentasikan karya SMK dalam bidang fesyen dan produk kreatif lainnya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik. Sekolah yang berpartisipasi tahun ini di antaranya SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation dan SMKN 3 Blitar,” ucapnya lagi.

BACA JUGA:   HOMEDEC 2022 Hadirkan Pesta Diskon Akhir Tahun Produk Kebutuhan Rumah

Tak hanya itu, MUFFEST+ 2022 juga akan menghadirkan seminar trend, talkshow, dan sejumlah kegiatan lainnya. Di sini, MUFFEST+ 2022 menggandeng 8 spoken person dari kalangan desainer maupun selebriti yang berkiprah di industri fesyen muslim. Misalnya saja Dewi Sandra, Dian Pelangi, Dinda Hauw, Irish Bella, Ria Miranda, Itang Yunasz, Khanaan, dan Nycta Gina. 

“Nantinya, koleksi-koleksi mereka akan ditampilkan dalam fashion show dan dapat ditemukan di trade-expo,” Lisa menambahkan.

Adhi Achmad, Marketing Manager Kinarya Cipta Kreasi, mengatakan bahwa seluruh kegiatan MUFFEST+ 2022 akan dilakukan di ruangan yang memiliki luas area 3.686 meter persegi. Nantinya, area tersebut akan diatur dengan prosedur protokol kesehatan untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh tamu undangan.  

BACA JUGA:   Wakatobi Wave 2017 Suguhkan Wisata Bahari dan Budaya

“Kami akan sediakan 300 kursi bagi tamu undangan untuk yang menonton runway fashion show dari para desainer,” ujar Adhi.

Dengan demikian, dirinya optimistis dapat mendatangkan banyak pengunjung saat penyelenggaraan MUFFEST+ 2022 berlangsung. Dalam hal ini, pihak penyelenggara menargetkan 40.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp35 miliar.