Imbas JCC Tutup Karena Renovasi, Penyelenggaraan Art Jakarta Pindah Lokasi

Friday, 14 April 23 Bonita Ningsih

Penyelenggaraan Art Jakarta mengumumkan akan mengubah tanggal dan lokasi acara untuk edisi tahun 2023. Hal ini terjadi lantaran tempat penyelenggaraan sebelumnya yaitu Jakarta Convention Center (JCC) akan digunakan untuk KTT ASEAN ke-43 pada September 2023. 

Dalam persiapan menghadapi KTT ASEAN, JCC akan menjalani renovasi menyeluruh sehingga semua acara yang telah dijadwalkan di sana harus mencari venue baru. Oleh sebabnya, Art Jakarta 2023, harus berpindah ke JIExpo Kemayoran pada tanggal 17 hingga 19 November 2023.

JIExpo Kemayoran dipilih sebagai tempat pelaksanaan yang baru karena di sana menyediakan fasilitas serupa untuk menunjang sebuah pekan seni internasional. Pada pelaksanaannya di JIExpo Kemayoran, Art Jakarta, juga akan menghadirkan segmen-segmen yang telah menjadi lanskap familiar dalam pekan seni ini. 

BACA JUGA:   Musisi Papan Atas Indonesia Siap Tampil di IIMS Infinite Live 2023

Beberapa segmen yang akan dihadirkan di antaranya adalah Art Jakarta Gallery dengan menyajikan total 70 galeri dari dalam maupun luar negeri. Menjadi segmen inti di pekan seni ini, Art Jakarta Gallery, juga akan menghadirkan galeri-galeri baru yang belum pernah berpartisipasi dalam Art Jakarta sebelumnya.

Lalu ada Art Jakarta Spot yang merupakan platform presentasi instalasi seni yang secara khusus disusun untuk Art Jakarta. Kemudian, AJX adalah prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan suatu institusi ataupun perusahaan swasta demi mempersembahkan koleksinya di pekan seni ini.

BACA JUGA:   Pameran Otomotif Makassar 2017 Targetkan Transaksi Rp290 Miliar dan 38.000 Pengunjung

AJ1 adalah segmen yang mempersembahkan pameran tunggal yang dikurasi oleh galeri internasional. Art Jakarta Scene adalah segmen bagi kolektif seniman dan kelompok nirlaba yang berbasis di luar Jakarta dengan tujuan untuk menggalang dana. 

Kemudian ada Art Jakarta NFT yang dipersembahkan untuk seni dan komunitas NFT. Segmen ini dihadirkan sebagai wadah aspirasi bagi kolektor NFT dan konvensional agar dapat berinteraksi dan berkumpul bersama. 

Terakhir adalah Art Jakarta Talks yang merupakan sebuah platform dialog antara pakar, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator. Tujuan adalah untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama audiens.

BACA JUGA:   Diskon Hingga 80 Persen di Traveloka Epic Sale

Dengan periode persiapan yang lebih panjang, Art Jakarta, juga akan menambahkan lebih banyak segmen ke dalam program-program acaranya. Hal ini dilakukan agar dapat membangun kolaborasi yang lebih kuat antara pelaku seni dan pihak terkait di dalamnya. Oleh sebabnya, Art Jakarta, akan memastikan dapat memberikan pengalaman seni luar biasa pada kuartal terakhir 2023.