Indonesia Promosikan Lokasi Syuting Film di FILMART 2024

Tuesday, 05 March 24 Khanisa Azahra

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia tampil sebagai country pavilion di Hong Kong International Film & TV Market (FILMART) 2024. Diselenggarakan oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (HKTDC), FILMART adalah pasar konten hiburan lintas media dan lintas genre terkemuka di Asia yang berlangsung selama empat hari pada 11-14 Maret 2024 di Hong Kong Convention and Exhibition Center. FILMART diikuti lebih dari 700 ekshibitor dari 40 negara dan dikunjungi 6.000 lebih pelaku industri dari seluruh dunia.

Mengusung tema “Discover Indonesia”, pavilion Indonesia merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemendikbudRistek), pemerintah provinsi DKI Jakarta, serta asosiasi dan pelaku perfilman nasional. Selain mempromosikan konten film, Indonesia juga menawarkan keindahan alamnya sebagai lokasi syuting yang memikat bagi produksi film internasional.

BACA JUGA:   Moeldoko Sebut PEVS Sebagai Pameran Kendaraan Listrik Terbesar di Asia Tenggara

“Kemenparekraf bersama KemendikbudRistek dan pemerintah daerah menyiapkan beragam insentif untuk menarik minat produksi film asing untuk bermitra dengan industri film Indonesia, termasuk memanfaatkan lokasi syuting eksotis di Indonesia,” ujar Nova Arisne, Sekretaris Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

Nova menambahkan, pada FILMART 2024 ini Indonesia akan menggelar dua program talkshow bertajuk “Close Look at Indonesia Film Industry” dan “Capturing Wonderful Indonesia” yang khusus membahas lokasi syuting dan produksi film di Indonesia. Selain itu, Kemenparekraf juga telah meluncurkan aplikasi bersama Indonesia Film Facilitation (IFFA) untuk memfasilitasi proses perizinan dan prosedur syuting di berbagai lokasi di Indonesia.

BACA JUGA:   Rayakan Hari Pahlawan dengan Konser Peluncuran Album Lagu WR Soepratman 

Rina Damayanti, Konsultan Festival Jakarta Film Week, menyambut baik upaya promosi lokasi syuting Indonesia di FILMART 2024. “FILMART menjadi panggung bagi kita untuk menampilkan keindahan alam Indonesia sebagai lokasi syuting berskala global,” ungkapnya.

Puji Hastuti, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf DKI Jakarta, mengapresiasi partisipasi Indonesia di FILMART 2024. Menurutnya, promosi lokasi syuting di ajang ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan seiring meningkatnya animo produksi film asing yang mengambil lokasi di Jakarta.

BACA JUGA:   PATA Travel Mart 2023 Digelar di India

“Setelah sebuah film syuting di suatu lokasi, biasanya akan diikuti kunjungan wisatawan ke lokasi tersebut. Promosi di FILMART ini sejalan dengan upaya Jakarta menjadi kota film dan kota global ekonomi kreatif,” tutur Puji.