Kemenparekraf Hadirkan Acara Musik dan Seni Untuk Dukung MotoGP 2022

Tuesday, 22 February 22 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melibatkan para pelaku subsektor musik dan seni ke dalam sebuah event internasional yang akan digelar di Indonesia. Sejumlah event internasional yang saat ini tengah digarap pemerintah Indonesia adalah MotoGP 2022 dan juga side event KTT G20.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa subsektor musik dan seni pertunjukan memiliki talenta-talenta terbaik yang harus difasilitasi pemerintah. Oleh sebab itu, Kemenparekraf, akan membuat berbagai program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Untuk merealisasikan program tersebut, Kemenparekraf menggelar sebuah kegiatan aksilarasi (Aksi Selaras Sinergi) yang berlangsung pada 18 Februari hingga 3 Maret 2022 di Taman Budaya Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini melibatkan komunitas musik asal Mandalika yang diharapkan dapat tampil menjadi pengisi acara di ajang MotoGP 2022, side event KTT G20, serta event internasional lainnya.

BACA JUGA:   Pemerintah Resmikan Creative Hub Labuan Bajo Hadir Untuk Tempat Pameran

Salah satu komunitas musik yang bergabung dalam kegiatan ini adalah Mandalika Ensamble yang memainkan musik bernuansa khas tradisional sasak. Elemen musik yang dimainkan pun beragam, ada yang dari Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

“Kami betul-betul melihat satu potensi yang luar biasa dari subsektor musik dan seni pertunjukan. Ini akan menjadi sinyal kebangkitan ekonomi kita dan ini bisa ditampilkan sebagai khas Mandalika untuk menyambut MotoGP dan G20,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Evaluasi Pelaksanaan Tes Pramusim MotoGP 2022 

Tak hanya menyajikan musik yang menarik, Mandalika Ensamble, juga mampu menghadirkan sebuah cerita di dalamnya. Menurut Sandiaga, cerita yang dihadirkan diiringi dengan musik khas Mandalika Ensamble yang sudah memiliki ciri tersendiri. 

“Gendang Beleq yang digaungkan itu menurut saya distingtif banget untuk Mandalika, dan nanti MotoGP akan kita buatkan ceritanya. Sebuah cerita musik yang dibuat untuk menyemangati para pembalap motor yang berlaga. Kita juga akan membawa ini untuk G20 maupun side events dari G20,” jelasnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan bahwa aksilarasi merupakan sebuah bentuk komitmen Kemenparekraf dalam mendorong sektor parekraf melalui komunitas lokal. Selain itu, dapat memberikan nilai tambah bagi musik tanah air saat dibawa ke kancah internasional.

BACA JUGA:   Lockdown Dilonggarkan, Pekan Mode Paris Segera Digelar Secara Fisik

“Sebagai venue event MotoGP 2022, Mandalika, tidak hanya disiapkan dari segi infrastruktur dan akomodasinya saja, namun juga SDM ekonomi kreatifnya. Makanya, di sini kami akan terus mendorong kehadiran komunitas lokal untuk menyukseskan acara-acara internasional,” ucapnya lagi.