Menparekraf Harap Art Jakarta Gardens Mampu Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Indonesia

Wednesday, 08 February 23 Bonita Ningsih

Kehadiran Art Jakarta Gardens 2023 mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Hal ini terbukti dengan adanya kunjungan dari Sandiaga saat hari pertama Art Jakarta Gardens digelar yaitu pada malam hari tanggal 7 Februari 2023.

“Ini merupakan acara yang super keren bagaimana hasil karya seni rupa dapat dinikmati oleh publik. Dengan melibatkan banyak pelaku seni rupa di dalamnya, acara ini diharapkan dapat membantu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru yang menjadi target pemerintah di tahun ini dan mendatang,” ujar Sandiaga. 

Art Jakarta Gardens merupakan pameran seni rupa dengan konsep art fair yang dipersembahkan oleh MRA Group. Memiliki latar ruangan terbuka berupa taman, acara ini diselenggarakan pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat. Dengan latar ruangan terbuka, acara ini lebih menonjolkan karya seni patung dan juga instalasi luar ruang. 

BACA JUGA:   MEGABUILD Indonesia 2016 Lakukan Edukasi Publik

Usai mengeliling Art Jakarta Gardens, Sandiaga, mengungkapkan acara ini merupakan sebuah ruang apresiasi bagi para pecinta seni, seniman, hingga kolektor nasional dan internasional dalam menyalurkan karyanya. Pasalnya, Art Jakarta Gardens 2023 telah melibatkan 22 galeri seni rupa dari Indonesia dan juga Malaysia. 

“Kami membawa galeri dari Malaysia karena mereka sudah pernah mengikuti acara kami yang sebelumnya. Sedangkan, untuk karya patung dan instalasi luar ruang yang kami hadirkan berjumlah 25 buah,” kata Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta Gardens.

Dengan menghadirkannya karya-karya luar ruang, Art Jakarta Gardens, dianggap mampu memberikan identitas terbaru bagi sebuah pameran seni rupa. Sandiaga juga menganggap acara ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh karya luar ruangan dan karya seni rupa lainnya.

Selain karya luar ruang, Art Jakarta Gardens, juga menghadirkan pameran dalam ruangan yang berdiri di atas dua tenda khusus. Beberapa galeri yang berpartisipasi di dalamnya adalah STEM Project (Yogyakarta), Facade Kiniko Art (Jakarta), CGartspace (Jakarta), ROH (Jakarta), and RUCI Art Space (Jakarta). 

BACA JUGA:   Dyandra Promosindo Akan Gelar 32 Event Selama 2021

“Saya mengapresiasi tim dari Art Jakarta Gardens yang menjadikan pameran di taman ini sebagai sebuah signature. Tidak hanya memberikan ruang bagi komunitas seni, tapi juga seniman muda, sellers, dan buyers,” ungkap Sandiaga. 

Lebih dari itu, Sandiaga, mengatakan bahwa acara ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang efektif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air. Dengan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai kawasan, menjadikan tempat acara ini sebagai salah satu destinasi wisata terbaik bagi para pecinta seni. 

Sedangkan untuk sektor ekonomi kreatif, Sandiaga, berharap acara ini mampu menyumbangkan pertumbuhan 5 hingga 7 persen bagi PDB nasional. Saat ini, seni rupa di Indonesia telah menyumbang 20-30 persen dari total kontribusi ekonomi kreatif sebesar 7,4 persen terhadap PDB nasional.

BACA JUGA:   Promo Aksesori dan Penampilan Musisi Lokal Menjadi Magnet POS 2017

“Ke depannya menurut saya kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah tersebut, apalagi, tadi saya dengar ada tambahan kolektor dan artist-artist baru di sini. Kalau pertumbuhan itu dapat direalisasikan, maka, akan menjadi positif untuk perkembangan industri seni terutama lukisan dan seni rupa,” ucap Sandiaga lagi.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Art Jakarta Gardens dapat membeli tiket masuk seharga Rp150.000 per orang melalui aplikasi TIX ID. Setiap harinya, masyarakat dapat menikmati karya seni rupa luar dan dalam ruangan mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB.