STP Bandung Hadirkan NHI Tourism Forum Berskala Internasional

Wednesday, 07 April 21 Bonita Ningsih
NHI Tourism Forum

Untuk kedua kalinya, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung menggelar acara NHI Tourism Forum (NTF) pada 7-8 April 2021. Pada pelaksanaan kali ini, STP Bandung menggandeng Universitas Teknologi MARA (UITM) untuk menghadirkan sebuah acara hybrid yang menarik dan bermanfaat.

NHI Tourism Forum merupakan sebuah forum internasional untuk stakeholder pariwisata, seperti akademisi, profesional, pemerintahan, komunitas, dan juga media. Di sini, NHI Tourism Forum akan membagikan beberapa topik penelitian hingga tren pariwisata yang sedang berkembang saat ini.

Hadir dengan konsep webinar, 2nd NHI Tourism Forum 2021 mengambil tema “The Rebound of New Tourism Era”. Faisal, Ketua STP Bandung, mengatakan, tema tersebut dipilih untuk menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Ke depannya, diharapkan pariwisata akan segera bangkit agar perekonomian nasional dapat kembali stabil.

BACA JUGA:   STP Bandung: Tujuh Windu Mencetak SDM Andal

“Sebelum pandemi, tempat rekreasi dan hiburan itu telah membantu perekonomian negara. Namun, di saat kondisi seperti ini, banyak sektor pariwisata yang mengalami kemerosotan sehingga diperlukan cara untuk rebound,” ujar Faisal.

Acara ini juga mengajak para stakeholder pariwisata untuk ambil bagian dalam sebuah kajian ilmiah yang nantinya akan diterbitkan berupa sebuah jurnal. Ada tiga jurnal di dalamnya, yakni Jurnal Kepariwisataan (Terakreditasi SINTA 3), Jurnal Barista (Terakreditasi SINTA 4), dan proceeding terindex Web Of Sciences (WoS).

BACA JUGA:   Babel Adakan Festival Pesona Serumpun Sebalai

Faisal berharap dengan adanya publikasi tulisan ilmiah tersebut dapat menjadi referensi dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Tulisan ilmiah ini juga diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi pelaku pariwisata dan pelaku industri lainnya.

“Penelitian yang akan dibagikan di forum ini diharapkan mampu mempercepat geliat pariwisata di era pandemi COVID-19,” dia menambahkan.

Pembukaan 2nd NTF 2021 dilakukan secara virtual oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kami optimistis acara ini bisa berjalan dengan baik atas kerja sama dengan banyak stakeholder di dalamnya. Diharapkan, setelah dua hari penyelenggaraan, hasil dari acara ini dapat menjadi rekomendasi bagi pelaku pariwisata saat menjalankan pekerjaannya,” jelas Giri.

BACA JUGA:   Bali Beach Run, Lari Sambil Menikmati Pantai Kuta

Kegiatan 2nd NTF 2021 akan menghadirkan 200 partisipan dari berbagai perguruan tinggi Indonesia dan diikuti oleh 13 paper presenter. Seluruh partisipan akan mendengarkan diskusi dari para pembicara berkompeten yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Diskusi akan dipimpin oleh 13 moderator yang dibagi ke dalam dua hari penyelenggaraan.