AccorHotels di Jawa Barat Dukung Gerakan Citarum Harum

Tuesday, 24 April 18   14 Views   0 Comments   Harry Purnama
AccorHotels Citarum Harum

AccorHotels di Jawa Barat pada 20 April 2018 melakukan aksi nyata dalam Gerakan Citarum Harum lewat penanaman 100 pohon kayu putih di KM 0 Sungai Citarum, Situ Cisanti. Selain dalam rangka merayakan PLANET21 Day, gerakan ini juga merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab selaku pelaku industri perhotelan secara khusus di Jawa Barat demi merealisasikan Citarum Harum. PLANET21 adalah sebuah program pengembangan berkelanjutan dari AccorHotels secara global.

Para general manager dan karyawan dari hotel-hotel di Jawa Barat, antara lain Grand Mercure Bandung Setiabudi, Novotel Bandung, Mercure Bandung City Centre, Mercure Karawang, ibis Styles Bandung Braga, ibis Styles Cikarang, ibis Bandung Trans Studio, ibis Bandung Pasteur, ibis Budget Bandung Asia Afrika, ibis Budget Cirebon, ibis Budget Cikarang Cifest, dan Nexa Hotel Managed by AccorHotels, secara simbolis menanam benih pohon di lahan tanam yang sudah disediakan.

Patrick Sibourg, General Manager ibis Bandung Trans Studio dan Cluster General Manager untuk Bandung, menyampaikan, “Kami sangat antusias menjalankan gerakan ini. Tidak sekadar menanam, tetapi kami juga fokus pada program yang berkelanjutan. Pohon-pohon kayu putih ini akan terus dirawat dan dipelihara selama setahun ke depan di bawah pengawasan kami. Lewat penanaman pohon, diharapkan dapat menjaga resapan air di wilayah mata air Sungai Citarum, serta melestarikan lingkungan berupa penanganan limbah dan pemulihan ekosistem, dan tentunya mendukung program Citarum Harum tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kami sebagai pelaku industri juga berharap bahwa konservasi Sungai Citarum dari ancaman erosi lahan perkebunan bisa diminimalisir di area hulu, dan mengurangi pencemaran di area hilir sungai. Area-area hilir sungai ini lokasinya sangat dekat dengan hotel-hotel kami. Semakin bersih Citarum, semakin nyaman para warga dan pendatang untuk berkunjung ke Jawa Barat.”

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat.  Keberadaannya memiliki nilai sejarah, ekonomi, dan sosial. Saat ini kondisinya sungai Citarum telah mengalami pencemaran dan kerusakan lingkungan. Program Citarum Harum yang diusung langsung oleh Presiden Jokowi di Februari lalu ini merupakan langkah pembenahan yang tertuang pada Perpres nomor 15/2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Dalam Perpres itu mendorong industri untuk mengatur dan mengelola limbah dalam bentuk apa pun agar tidak dibuang ke Sungai Citarum. Hal ini pula yang mendorong AccorHotels di Bandung peduli dengan Sungai Citarum.

Pemeliharaan untuk pohon kayu putih ini dilakukan dengan menggunakan pupuk organik khusus yang berasal dari biogas. Bekerja sama dengan PT Inovasi Daya Lestari sebagai produsen pupuk bio-slurry yang berasal dari biogas, hotel-hotel AccorHotels di Jawa Barat begitu detail memerhatikan hingga kualitas jenis pupuk dan dampaknya terhadap lingkungan. Kualitas pupuk biogas sangat baik bahkan lebih baik daripada pupuk kandang biasa. Adanya pupuk organik yang berasal dari biogas ini dapat menghapuskan ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan pupuk non-organik yang mahal.