Sandiaga Uno Sebut Hotel Baru di Rest Area Jalan Tol Jadi Destinasi Baru

Thursday, 07 April 22 Bonita Ningsih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut positif pembangunan hotel pertama di rest area jalan tol yang diberi nama Kedaton 8 Xpress. Hotel ini terletak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya Rest Area KM 19 arah Cikampek.

Dalam Weekly Pres Briefing Kemenparekraf, Sandiaga, mengungkapkan bahwa hotel yang dibangun di rest area jalan tol menjadi sebuah destinasi baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, tak hanya menginap saja, para tamu hotel juga bisa melakukan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitaran rest area.

“Mereka (para tamu hotel) bisa sekalian mencicipi kuliner atau belanja beberapa kebutuhan di rest area karena kawasan tersebut dilengkapi dengan restoran hingga tempat oleh-oleh,” ungkap Sandiaga.

BACA JUGA:   NYC Lounge and Bar di Manhattan Hotel Jakarta Hadir dengan Wajah Baru

Selain menawarkan pengalaman baru, menurut Sandi, keberadaan hotel di area jalan tol juga dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan seseorang. Menurutnya, keberadaan hotel ini membantu para pengendara mobil yang tengah mengantuk atau kelelahan dalam perjalanan.

“Kalau kita terlalu lelah dalam bepergian, tentunya, potensi kecelakaan akan semakin meningkat. Jadi, hotel ini sangat membantu mereka-mereka yang ingin beristirahat,” ujar Sandiaga lagi.

BACA JUGA:   Holiday Inn Express Jakarta Matraman Tawarkan Paket Bersantap Hemat Seharian

Dengan konsep yang unik, hotel ini mampu mengakomodir kebutuhan para pengendara jalan tol untuk istirahat atau melakukan pertemuan dalam waktu singkat. Pasalnya, Kedaton 8 Xpress, mampu menyewakan kamar dalam waktu singkat yaitu tiga hingga enam jam. 

Tarif yang ditawarkan pun bervariasi yaitu mulai dari Rp300ribu untuk penggunaan kamar dan ruang rapat selama tiga jam. Hingga saat ini, Kedaton 8 Xpress, telah memiliki 12 unit kamar dengan dua ruang rapat di dalamnya.

Ke depannya, Sandiaga, berharap akan semakin banyak rest area jalan tol di Indonesia yang menyediakan akomodasi berupa penginapan. Pasalnya, membangun penginapan di rest area jalan tol sudah lama dilakukan oleh beberapa negara dunia.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Akan Salurkan BPUP Untuk 550 Usaha Pariwisata Pada 17 Desember 2021

“Hal ini sangat lazim dilakukan di negara-negara lain. Bisa disebut hotel atau motel yaitu motor hotel yang kendaraannya bisa parkir di depannya,” Sandiaga menambahkan.