Banyuwangi Luncurkan 77 Acara Utama di Tahun 2018

Thursday, 01 February 18 Harry
jumlah kunjungan wisman
Kawah Ijen menjadi salah satu obyek wisata di Banyuwangi yang ramai dikunjungi wisatawan. Foto: Venuemagz/Erwin

Pemerintah kabupaten Banyuwangi meluncurkan Top 77 Calendar of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018 pada 1 Februari 2018. Kegiatan peluncuran yang dilakukan di kantor Kementerian Pariwisata ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Peluncuran 77 acara utama di Banyuwangi ini bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, ke Banyuwangi. Selain itu, acara ini juga mendukung program Visit Wonderful Indonesia 2018 yang menargetkan kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini.

Dari 77 acara utama tersebut, tiga di antaranya telah masuk ke dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia 2018, yakni Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour De Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu.

BACA JUGA:   Pariwisata Harus Dinamis Respon Perubahan

“Banyuwangi sebagai kota karnaval dan festival harus memiliki event yang berkualitas sepanjang tahun, dan 77 acara utama ini akan mendorong wisatawan berkunjung ke Banyuwangi karena setiap hari dapat menyaksikan karnaval atau festival,” ujar Arief Yahya.

Arief Yahya menambahkan, Banyuwangi telah diberikan predikat The City Of Carnival And Festival karena kesiapan unsur 3A-nya, yakni atraksi, amenitas, dan aksesibilitas, terutama konektivitas udara dengan telah terhubungnya Bandara Blimbingsari di Banyuwangi dengan sejumlah kota, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali.

BACA JUGA:   Arief Yahya Tetapkan Banyuwangi Kota Festival Terbaik

“Untuk atraksi, Banyuwangi tercatat paling cepat berkembang karena melibatkan seluruh potensi masyarakat. Pada 2012, Banyuwangi hanya memiliki 12 event, sedangkan pada 2017 meningkat menjadi 72 event, lalu pada tahun ini menjadi 77 event,” ujar Arief Yahya.

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, mengatakan, kekuatan pariwisata Banyuwangi adalah pada partisipasi seluruh lapisan masyarakatnya sehingga tercipta 77 acara ini, dan lima di antaranya menjadi unggulan dalam mendatangkan wisman. Kelima event unggulan itu adalah International Tour De Banyuwangi Ijen yang akan diadakan pada 26-29 September, Banyuwangi Ethno Carnival yang diadakan pada 29 Juli, Festival Gandrung Sewu yang diadakan pada 20 Oktober, Banyuwangi Beach Jazz Festival yang diadakan pada 12-13 Mei, dan Ijen Summer Jazz pada 22 September.

BACA JUGA:   Lima Hal Wajib Sebelum Mengikuti Perjalanan Insentif

Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan ke Banyuwangi terdiri dari 77.000 wisman dan 4 juta wisnus. Lalu, pada 2017 meningkat menjadi 91.000 wisman dengan pendapatan devisa mencapai Rp546 miliar.