Hermawan Kartajaya Apresiasi Keputusan Sandiaga Uno

Wednesday, 13 January 21 Bonita Ningsih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki fokus utama untuk mendorong wisatawan domestik dan memberikan lapangan pekerjaan di sektor ekonomi kreatif. Menanggapi hal tersebut, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) telah berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap keputusan Sandiaga.

Hermawan Kartajaya, Dewan Pakar GIPI, mengapresiasi kejelian Menparekraf dalam melihat potensi wisatawan domestik dalam kebangkitan pariwisata nasional. Menurutnya, diperlukan strategi yang maksimal untuk menggaet turis domestik di tengah larangan kunjungan wisman ke Indonesia.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Dorong Potensi Wisata Danau Toba Lewat Event Olahraga

Beberapa langkah yang dapat dilakukan ialah dengan meyakinkan masyarakat, khususnya kelas menengah atas, bahwa destinasi di Indonesia sudah menerapkan protokol kesehatan yang tepat. Selain mendapatkan perjalanan yang aman dan nyaman, masyarakat tersebut juga dapat menikmati pengalaman berbeda saat mengunjungi tempat wisata.

“Wisatawan lokal tidak boleh dilupakan karena saat ini justru mereka adalah prioritas utama. Kalau hanya terus berharap pada WNA, takutnya pariwisata kita hanya jalan di tempat saja,” ujar Hermawan.

BACA JUGA:   TKI Dipaksa Masuk Selandia Baru

Selain itu, lapangan kerja sektor ekonomi kreatif di sekitar tempat wisata juga harus diperkuat ilmu dan pengetahuannya dalam berbisnis. Hal yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan pelatihan khusus terkait cara memproduksi, menjual produk atau layanan, hingga memanfaatkan teknologi.

“Saat ini, yang menjadi harapan kita bersama ialah pelaku UMKM di destinasi wisata harus bisa bertransformasi agar mampu bertahan di tengah pandemi,” Hermawan menambahkan.