Jakarta Fashion Hub, Tempat Kerja Baru Bagi Penggiat Fesyen

Tuesday, 18 August 20 Bonita Ningsih
Jakarta Fashion Hub

Di tengah pandemi COVID-19, Asia Pacific Rayon (APR) dan para penggiat industri fesyen Indonesia meluncurkan sebuah wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas di bidang fesyen yang dinamakan Jakarta Fashion Hub (JFH). Platform ini diluncurkan bagi kaum milenial yang ingin menyalurkan bakatnya di bidang fesyen untuk menjadi motor penggerak industri kreatif dalam negeri.

Soft opening Jakarta Fashion Hub telah dilakukan pada 18 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom yang di dalamnya juga terdapat webinar seri ketiga dengan tema “How to Make Your Own Fashion Label”. Jakarta Fashion Hub akan menjadi pilihan tempat kerja yang menarik bagi pada pencinta fesyen yang ingin mendapatkan fasilitas terbaik.

“Industri fesyen akan kembali seperti semula, industri ini akan berevolusi. Ini menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk industri fesyen Tanah Air dan menawarkan sesuatu yang berbeda bagi masyarakat,” kata Basrie Kamba, Direktur Asia Pasific Rayon (APR).

BACA JUGA:   Pariwisata Indonesia Go Digital

Beberapa fasilitas yang ditawarkan Jakarta Fashion Hub antara lain co-working space, tempat pemilihan bahan, area foto menarik yang instagramable, showcase gallery untuk karya para desainer, hingga ruang kolaborasi dan edukasi. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati secara langsung di sebuah gedung lantai 7, yang berlokasi di Jalan Teluk Betung No.33, Jakarta Pusat.

“Tempat ini akan menjadi sebuah meeting point, tempat diskusi, tempat kerja, co-working space, melakukan inovasi untuk sebuah karya fesyen, hingga melakukan transaksi antara industri dan para desainer,” ucapnya lagi.

Jakarta Fashion Hub diluncurkan dengan harapan dapat menambah kesuksesan sektor hilir industri fesyen serta tekstil di tengah pandemi. Dengan fasilitas yang mumpuni, Jakarta Fashion Hub juga diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnis fesyen bagi para pemula di bidang tersebut.

Co-working space dapat digunakan sebagai ruang menjahit, melakukan workshop, hingga foto studio. Ruangan ini didesain dengan gaya yang menarik dan kekinian sehingga dapat meningkatkan semangat dan kreativitas dari setiap pengunjung.

BACA JUGA:   Sekarang Minimalisir, Berikutnya Langkah Recovery

Lalu, ada tempat di mana para pengunjung dapat memilih jenis kain, motif, hingga pola dari desainnya. Beragam pilihan motif bahan, khususnya viscose-rayon, tersedia di satu ruangan khusus agar memudahkan pengunjung saat melihatnya. Viscose-rayon merupakan salah satu bahan kain yang sering dipakai label kelas dunia dalam mendukung sustainable fashion.

Spot foto yang menarik dan instagramable juga akan disediakan di JFH karena melihat tren yang tengah berkembang saat ini. Selain itu, JFH juga akan rutin menyelenggarakan webinar dan workshop untuk meningkatkan kemampuan para pemula di bidang industri fesyen dan tekstil. Berbagai informasi seputar fesyen akan dibahas melalui acara-acara tersebut.

Di tengah era new normal, setiap pelaksanaan kegiatan di Jakarta Fashion Hub selalu mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang.

BACA JUGA:   Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia Convention Exhibition

Setiap pengunjung yang ingin masuk ke JFH akan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu dan diimbau untuk rajin cuci tangan. Di beberapa area juga telah disediakan hand sanitizer bagi para pengunjung untuk memudahkan dalam membersihkan tangannya.

“Kapasitas orang yang di dalamnya pun akan kita batasi supaya para pengunjung bisa tetap saling jaga jarak,” ujarnya.

Untuk menikmati seluruh fasilitas tersebut, para pengunjung hanya perlu membayar Rp50.000 berlaku untuk satu orang dan satu hari.