Kemenparekraf Kembangkan Festival Olahraga Skala Nasional dan Internasional Untuk Bangkitkan Sport Tourism

Friday, 20 May 22 Bonita Ningsih

Wakil Presiden Republik Indonesia, H Ma’ruf Amin, memberikan tugas kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membangkitkan sport tourism di Indonesia. Tugas tersebut diberikan saat Wapres menghadiri rapat koordinasi terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, pada 12 Mei 2022.

Saat itu, Ma’ruf Amin memberikan arahan kepada Kemenparekraf untuk mengembangkan festival olahraga berskala nasional hingga internasional. Pasalnya, ia melihat banyak masyarakat Indonesia yang memiliki potensi untuk mendukung pelaksanaan sport tourism dalam skala besar.

“Kami diberi tugas untuk menggaungkan dan menjadikan masyarakat Indonesia untuk demam berolahraga. Caranya dengan mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga berprestasi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat Weekly Press Briefing Kemenparekraf.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Kelola Sampah Makanan Untuk Dukung Isu Keberlanjutan di G20

Nantinya, festival olahraga yang dirancang wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan. Melalui perancangan festival ini, Sandiaga berharap Kemenparekraf dapat menjaring talenta-talenta terbaik yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

“Kami akan melengkapi dan memfasilitasi festival olahraga ini agar dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar dan juga wisatawan domestik serta mancanegara. Kami rancang festivalnya juga untuk menggerakkan ekonomi nasional, jadi mereka tidak hanya lari dan sepedaan tapi juga beli produk kreatif lokal,” jelas Sandiaga.

Saat ini, Kemenparekraf telah memastikan akan menggelar beberapa event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism) hingga akhir tahun 2022. Setidaknya ada empat event sport tourism berskala internasional yang akan digelar dalam beberapa waktu ke depan.

BACA JUGA:   Sukses Digelar, WSL CT G-Land Pro 2022 Banyuwangi Dijadikan Momentum Kebangkitan Event Internasional

“Kita punya kegiatan Borobudur Marathon 2022 yang saat ini tiketnya sudah sold out semua. Tetapi, kemungkinan akan kita tambah lagi slotnya sebelum acara di mulai,” Sandiaga menambahkan.

Kemudian ada Ultra Cycling Challenge By Audax yaitu lomba sepeda jarak jauh 200-600 km. Tahun ini, Audax digelar di beberapa kota Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, hingga Bandung.

Lalu, ada Ocean Man 2022 yang merupakan ajang kompetisi berenang di perairan bebas Pantai Muaya Bali. Sandiaga mengatakan acara ini rencananya akan digelar pada Juli 2022. Selanjutnya akan ada Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022. Samosir Lake Toba Ultra ini merupakan lomba lari jarak jauh yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia.

BACA JUGA:   Dampak Ekonomi Festival Danau Sentani 2017 Ditarget Rp15 Miliar

Event tambahan lainnya adalah Belitung Triathlon pada 28 Mei 2022, FIBA Asia Cup atau Kejuaraan Konfederasi Basket Asia pada 12-24 Juli 2022, hingga World Superbike yang digelar 11-23 November 2022. 

“Ini semua merupakan wujud nyata dan gerak cepat kami untuk melengkapi desain besar olahraga nasional. Dan juga sebagai rancangan festival olahraga nasional dan internasional kami,” ucapnya lagi.