Tiga Maskapai Asing Kembali Buka Penerbangan ke Bali

Wednesday, 23 February 22 Bonita Ningsih
Grand Inna Bali Beach

Pemerintah Indonesia telah membuka kembali penerbangan internasional ke Bali pada 4 Februari 2022 silam. Kebijakan tersebut membuat Singapore Airlines untuk membuka kembali penerbangan regulernya ke Bandara Ngurah Rai.

Maskapai asal Singapura tersebut telah melayani penerbangan sebanyak tujuh kali dalam satu pekan. Berdasarkan laporan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), maskapai ini telah mampu membawa 462 penumpang dari Singapura ke Bali sejak tanggal 16 Februari 2022.

“Ini menjadi kabar baik bagi kita semua dan ke depannya akan terus meningkat untuk terbang langsung ke Bali,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat Weekly Press Briefing Kemenparekraf pada 21 Februari 2022.

BACA JUGA:   Dua Pilihan Penginapan Saat Berlibur ke Ubud Bali

Dengan dibukanya penerbangan internasional ke Bali, lalu lintas yang terjadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai mengalami peningkatan. Terhitung dari tanggal 1 hingga 18 Februari 2022, lalu lintas penerbangan internasional yang datang ke Bali sudah mencapai 639 penumpang.

“Data tersebut menunjukkan kebangkitan ekonomi kita dan menuju pemulihan sektor pariwisata Indonesia,” Sandiaga menambahkan.

Tingginya lalu lintas tersebut, membuat maskapai internasional lain untuk membuka kembali penerbanganya ke Bali. Dalam hal ini, Sandiaga, menyebutkan sudah ada tiga maskapai internasional yang mengajukan permohonan untuk membuka penerbangan ke Bali.

BACA JUGA:   Lima Program Percepatan Pariwisata Sandiaga Uno Selama Tahun 2021

Tiga maskapai tersebut ialah KLM Royal Dutch dari Belanda, Scoot Tigerair dari Singapura, dan Jetstar Airways dari Australia. Ketiga maskapai asing tersebut direncanakan akan kembali melayani penerbangan ke Pulau Dewata pada Maret 2022.

Sandiaga menjelaskan, KLM Royal Dutch mengajukan empat penerbangan dalam satu minggu. Maskapai ini akan membuka rute penerbangan Singapura-Denpasar dengan Boeing 777 berkapasitas 408 penumpang. 

Kemudian, untuk Scoot Tigerair rencananya akan melakukan tiga penerbangan selama satu pekan. Dengan rute Singapura-Denpasar, maskapai ini akan menggunakan pesawat jenis Airbus 320 yang berkapasitas 108 penumpang.

BACA JUGA:   Wisata Golf Indonesia Raup Rp17,8 Miliar di Thailand Golf Expo

Sementara itu, Jetstar Airways akan mengoperasikan tiga penerbangan dalam sepekan dengan rute Singapura-Denpasar dengan kapasitas 180 penumpang. Maskapai ini juga akan membuka rute Sydney-Denpasar dengan kapasitas 335 penumpang dan Melbourne-Denpasar dengan kapasitas 323 dan 186 penumpang.