Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 Dijadikan Ajang Branding dan Promosi Bagi Ekosistem Wisata kesehatan

Wednesday, 09 March 22 Bonita Ningsih

Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 tengah digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta pada 9 hingga 13 Maret 2022. Pameran wisata kebugaran dan kesehatan ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) yang merupakan bagian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama RajaMICE.

Mukti E. Rahadian, Ketua umum PP PERKEDWI, mengatakan bahwa pameran ini menjadi platform pertama di Indonesia untuk melakukan branding dan promosi terkait layanan unggulan di dalam ekosistem health tourism. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pilihan layanan kesehatan yang ditawarkan dari rumah sakit seluruh Indonesia.

“Jadi, pameran ini akan mempertemukan demand side dan supply side. Masyarakat dapat mencari informasi layanan unggulan dari kedokteran Indonesia yang service excellent. Tak perlu ke rumah sakit kalau memang masih takut, karena sekarang bisa lihat di mal,” ungkap Mukti.

Panca Rudolf Sarungu, CEO RajaMICE, mengatakan bahwa Indonesia Wellness & Health Expo merupakan acara pertama yang menggabungkan industri kesehatan atau medis dengan pariwisata. Oleh sebab itu, pihak penyelenggara akan memastikan bahwa seluruh peserta akan mendapatkan banyak keuntungan saat mengikuti pameran ini. 

BACA JUGA:   Turkish Airlines Siap Selenggarakan Pameran ACE OF M.I.C.E. 2019

“Para peserta pameran akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan layanan unggulan dari masing-masing tempatnya. Semua produk unggulan mereka juga akan dipaketkan dengan produk wisata di sekitarnya. Menariknya lagi, produk-produk tersebut akan kita distribusikan di seluruh Indonesia melalui travel agent rekanan kami,” jelas Panca.

Pada acara perdananya ini, pihak penyelenggara berhasil mengumpulkan 20 peserta pameran untuk membuka booth di lokasi acara. Dari 20 peserta, 13 di antaranya berasal dari korporat rumah sakit yang mewakili lebih dari 100 rumah sakit di Indonesia.

“Fasilitas kesehatan yang hadir di sini secara khusus sudah kita pilih yang paling terbaik. Kita cari yang bisa memenuhi permintaan pasar sesuai ekspektasi dari masyarakat Indonesia,” kata Mukti.

BACA JUGA:   Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022 Kembali Hadir di Jakarta 

Selain menawarkan produk unggulan para peserta, pameran ini juga menampilkan talkshow menarik dari para peserta. Menurut Panca, selama lima hari penyelenggaraan, pameran ini menghadirkan kurang lebih enam talkshow setiap harinya. 

Ketua Penyelenggara Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022, Leny Pintowari, mengatakan bahwa masing-masing peserta akan memberikan edukasi kepada kepada masyarakat terkait wellness dan health. Para pengunjung dapat menyaksikan pameran beserta talkshow di dalamnya sejak pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

“Saat pameran, dokter-dokter dari masing-masing rumah sakit menyatakan dukungannya dengan menjelaskan isu-isu terkait kesehatan yang mereka peroleh. Mereka akan menjelaskannya dalam sebuah panggung talkshow dengan bahasa yang mudah dimengerti orang awam,” ucap Leny.

Partisipan yang terlibat dalam acara ini adalah RSUP Dr. Sardjito, RS Columbia Asia, Mandaya Royal Hospital Puri, Siloam Hospitals Group, RS Kanker Dharmais, RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Primaya Hospital, Eka Hospital Group, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RSPAD Gatot Soebroto, Mayapada Hospital, RS Premier Group, dan RS Hermina.

BACA JUGA:   Festival Bahari Jakarta, Pesta Rakyat Bahari Pertama di Jakarta

Ada juga Bio Farma, PT Mustika Ratubuana Internasional, Selensia Essential Oil, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul TBk, PT Sarana Usaha Sejahtera Insanpalapa (TelkoMedika), PT Tjhindatama Mulia (Madame Gie), MorulaIVF Indonesia, Garuda Indonesia, Citilink, Bank BCA, Bayu Buana, PT Indonesia Orbit Nusantara 

“Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti pameran ini dapat berkunjung ke Mal Kokas secara gratis,” Panca menambahkan.