98 Persen Tamu OYO Hotels Tidak Meminta Refund

Tuesday, 13 October 20 Bonita Ningsih

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terjadi akibat pandemi COVID-19 memberikan dampak negatif terhadap bisnis perhotelan. Terbatasnya ruang gerak untuk bepergian membuat masyarakat mengurungkan niat untuk berlibur ke hotel. Akibatnya, permintaan refund di hotel pun meningkat.

Hal tersebut yang juga dirasakan oleh OYO Indonesia. Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Home Indonesia, mengatakan, permintaan pengembalian dana dari pelanggan sudah terjadi sejak awal pandemi masuk ke Indonesia pada Maret 2020.

Meski demikian, selama enam bulan terakhir, permintaan refund yang diajukan hanya sekitar dua persen dari total keseluruhan pelanggan OYO Indonesia. Tim OYO Indonesia menyelesaikan proses tersebut dengan cepat sehingga saat ini pihaknya telah menyelesaikan lebih dari 99,4 persen permintaan pengembalian dana dari pelanggannya.

“Artinya, hanya ada sekitar 0,6 persen pelanggan kami yang masih mengalami penundaan pengembalian dana dan secepatnya akan kami selesaikan,” ungkap Agus.

Agus menjelaskan, terhambatnya proses pengembalian dana tersebut disebabkan oleh data pelanggan yang tercantum tidak akurat, misalnya tidak mencantumkan alamat email secara lengkap, nomor telepon, hingga detail rekening bank untuk proses pengembalian dananya.

Oleh karena itu, saat ini OYO Indonesia menggandeng e-wallet OVO dan GoPay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO. Selain berfungsi sebagai sistem pembayaran, keuntungan lainnya yang didapat ialah mempermudah proses refund bagi para pelanggan OYO Indonesia. Dengan adanya integrasi sistem pembayaran e-wallet, OYO, menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan lebih mudah dan diselesaikan dalam jangka waktu paling lama satu minggu.

“Saat ini, tim OYO masih menunggu tamu untuk menginput nomor rekening atau e-wallet melalui link yang diberikan. Setelah itu, kami akan segera memproses pengembalian dana konsumen,” ungkap Agus.

“Prioritas utama OYO dalam menjalankan bisnis adalah selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset, tamu, dan karyawan kami. Kami berharap bahwa kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program sanitize stay serta contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO, terlebih di masa pandemi saat ini,” tambah Agus.