Manado Akan Miliki Politeknik Pariwisata Untuk Ciptakan SDM Berkualitas

Friday, 11 August 23 Bonita Ningsih

Indonesia akan memiliki Politeknik Pariwisata (Poltekpar) baru di daerah Manado, Sulawesi Utara. Masih dalam proses pembangunan, Poltekpar Manado, diharapkan dapat menghadirkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing unggul.

Pembangunan tersebut disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi beberapa waktu lalu. Menurutnya, pembangunan Poltekpar Manado menjadi bagian dari upaya mendorong kebangkitan pariwisata setelah pandemi Covid-19. Pasalnya, membangkitkan kembali pariwisata negara dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pengembangan SDM. 

“Kami harap Poltekpar Manado dapat menghadirkan SDM yang berkualitas, SDM yang penuh profesionalitas, SDM yang terampil dan berdaya saing, SDM yang tidak kalah dengan SDM terbaik di ASEAN,” ungkap Sandiaga.

BACA JUGA:   Bukan Insentif, Kemenparekraf Gunakan Kolaborasi Marketing Untuk Menarik Wisman ke Indonesia

Kehadiran SDM yang berkualitas memang sangat dibutuhkan di Sulawesi Utara mengingat Presiden Joko Widodo sudah menetapkan provinsi tersebut sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tepatnya di Likupang. Ditambah dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus yang diproyeksikan dapat menarik investasi hingga Rp5 triliun dengan target lapangan kerja 65 ribu lebih dalam 10-15 tahun ke depan. 

“Diharapkan dapat bisa menopang untuk kebermanfaatan dari Poltekpar Sulut dalam rangka menciptakan 4,4 juta tenaga kerja baru di tahun 2024. Saya harap, ini bisa menjadi pusat keunggulan dari hospitality parekraf bukan hanya di Sulawesi Utara tapi Indonesia bagian timur,” jelas Sandiaga lagi.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Pariwisata

Jalannya pembangunan Poltekpar Manado akan didampingi oleh Direktur Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja, hingga nantinya bangunan tersebut dapat berdiri secara mandiri. Dengan tanah seluas 20 hektar, Poltekpar Manado, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, dapur, ruang kelas, hingga laboratorium divisi kamar.

“Kami berharap semua pemangku kepentingan dapat mendukung pembangunan Poltekpar Manado ini,” kata Ida.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sulut, Asri Pangan, mengatakan bahwa pembangunan Poltekpar Manado merupakan wujud nyata dari dukungan penuh yang ditujukan bagi pemantapan pembangunan daerah di Bumi Nyiur Melambai. Dukungan untuk sektor pendidikan, penambahan sarana pengembangan, dan peningkatan SDM pariwisata.

BACA JUGA:   PPKM Level 3 Dibatalkan, Pemerintah Prediksi 11 Juta Orang Akan Melakukan Perjalanan Saat Nataru

“Bagi Provinsi Sulawesi Utara kehadiran sekolah vokasi seperti ini sangatlah dinantikan dan Poltekpar Manado sudah pasti akan menambah pilihan perguruan tinggi di bidang tourism hingga nantinya akan turut menopang pembangunan, pengembangan, dan kemajuan pariwisata Sulawesi Utara,” ucapnya.