Pemerintah Akan Hadirkan Badan Layanan Umum Pariwisata Borobudur

Thursday, 18 November 21 Bonita Ningsih

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyelenggarakan Badan Layanan Umum (BLU) Expo 2021 di Istora Senayan Jakarta pada 16-18 November 2021. Mengusung tema “BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi” acara ini didukung oleh berbagai kementerian/lembaga terkait salah satunya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BLU memiliki tujuan untuk menegaskan kembali komitmen pemerintah dalam mengakselerasi ekonomi Indonesia. BLU juga dijadikan sebagai agen pemerintah yang sangat diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru.

Hingga saat ini, BLU telah berjumlah 252 yang terdiri dari bidang kesehatan, pendidikan, pengelolaan dana, pengelolaan aset, dan kawasan. Terdapat 107 BLU di bidang kesehatan, pendidikan 106 BLU, pengelola dana 10 BLU, kawasan lima BLU, dan penyedia barang/jasa lainnya 23 BLU.

BACA JUGA:   Festival Rute Budaya Beyoglu di Istanbul Melibatkan 1.000 Seniman

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa BLU merupakan pionir reformasi pelayanan publik dengan membangun instansi pemerintah yang modern, bernuansa customer, dan outcome oriented yang kuat. BLU dijadikan agent of development yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar, mendukung kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terkait kawasan lima BLU, pemerintah telah mengembangkan kawasan ekonomi dengan kemudahan berusaha, mengelola daerah pariwisata, serta layanan khusus. Selain itu, mampu mengoptimalkan aset negara dan mendukung infrastruktur di dalamnya.

BACA JUGA:   Dyandra Promosindo Dipercaya Mengelola Kampoeng Kopi Banaran

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, mengatakan, salah satu BLU Pariwisata yang rencananya akan diluncurkan adalah BLU Borobudur. Menurutnya, BLU Borobudur akan menggabungkan konsep konservasi dan pariwisata di dalamnya.

“BLU ini akan menggabungkan sisi konsep konservasi sebagai cagar budaya maupun sisi edukasi serta sisi kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” kata Angela.

BACA JUGA:   Strategi Bertahan Hidup Para Tour Leader

Adapun karakteristik BLU yakni instansi pemerintah, mengelola penyelenggaraan layanan umum dengan praktik bisnis yang sehat, tidak mengutamakan mencari keuntungan, mengutamakan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas. Nantinya, BLU akan berkontribusi terhadap PDB dan PNBP Nasional sehingga menjadi salah satu kontributor perekonomian negara.