Pinisi Kenzo, Alternatif Wisata Baru di Danau Toba

Thursday, 20 July 23 Bonita Ningsih

Danau Toba, Sumatera Utara, memiliki jenis wisata terbaru dengan hadirnya Pinisi Kenzo. Sebagai pinisi wisata pertama di daerah tersebut, Pinisi Kenzo, akan beroperasi pada Agustus 2023.

Kehadiran Pinisi Kenzo mendapatkan respons positif dari Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menurutnya, Pinisi Kenzo yang dikelola secara profesional dapat membantu pemerintah mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 8,5 juta orang pada 2023. 

“Ini menjadi fasilitas yang mudah kita temui seperti live on board di beberapa destinasi lain,” ungkap Sandiaga.

Pinisi Kenzo dibangun dengan kearifan lokal menggunakan gorga yang merupakan seni ukir atau pahat dari batak Toba. Di bagian sisi pinisi juga terdapat beberapa ornamen yang melambangkan delapan kabupaten kota di daerah tersebut.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Catat 10 Destinasi Paling Banyak Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2023

“Meskipun dibangun dengan penuh kearifan lokal, kita pastikan keselamatan dan kenyamanan wisatawan menjadi prioritas utamanya,” Sandiaga menambahkan.

Pemilik Pinisi Kenzo, Anthony sitorus, mengatakan bahwa pinisi wisata miliknya menawarkan paket wisata berkeliling Danau Toba serta bermalam di atas kapal. Dapat menampung hingga 11 wisatawan di dalamnya, Pinisi Kenzo, menawarkan sejumlah fasilitas dan aktivitas yang dapat digunakan oleh seluruh tamunya.

BACA JUGA:   Biro Perjalanan Insentif Wajib Patuh Pedoman CHSE

Fasilitas yang ditawarkan di antaranya empat kamar tidur dengan toilet di dalam, dua toilet di luar kamar, dan juga bar. Ada juga aktivitas penunjang pinisi seperti canoeing, paddling, dan juga menembak ikan.

“Kami ada paket full day dari pagi sampai sore mengelilingi Danau Toba, dapat makan siang dan snack dengan harga Rp20 juta. Sedangkan, kalau untuk 2 hari 1 malam itu Rp 35 juta, sudah termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan aktivitas yang menunjang pinisi kita,” jelas Anthony.

BACA JUGA:   Sukses di London Fashion Week Spring-Summer 23/24, Buttonscarves Beauty Hadirkan Instalasi Lip Cream Raksasa

Sandiaga menilai, dengan adanya pilihan paket wisata di Pinisi Kenzo, akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja khususnya di sektor pariwisata. Selain itu, Pinisi Kenzo, juga dapat menambah alternatif transportasi ke Samosir dan beberapa pelabuhan yang dibangun oleh pemerintah.