Adaptasi Profesi Terhadap Perkembangan Digital

Friday, 11 June 21 Venue

Perubahan teknologi dan gaya hidup di masyarakat telah mengubah dunia bisnis secara perlahan-lahan menjadi lebih modern dan fleksibel. Hal ini rupanya juga berlaku dalam dunia kerja saat ini. Tren-tren baru mulai muncul di dunia kerja seiring dengan teknologi yang digunakan di lingkungan bisnis. Bahkan, beberapa profesi bisa dikerjakan di rumah atau work from home.

Mochammad Bayu Firmansyah, Dosen UNIWARA, mengatakan, peluang pekerjaan di dunia digital sangat cepat berkembang. Inovasi dalam berbagai bidang dalam teknologi digital pun terus meningkat, seperti media massa berbasis digital, peningkatan SDM melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dan munculnya e-bisnis.

BACA JUGA:   Mempromosikan Budaya Indonesia Melalui Ranah Digital

“Dengan itu maka timbullah tantangan yang akan dihadapi pekerjaan di dunia digital, seperti transformasi digital, sumber daya manusia (SDM), persaingan semakin tinggi, kecepatan, masyarakat yang senantiasa berubah, dan juga zero surveillance,” paparnya.

Untuk menunjang pekerjaan di dunia digital, diperlukan orang yang cakap teknologi. Aryrton Eduardo Aryaprabawa, Founder & Director Crevolutionz, mengatakan, yang perlu diperhatikan dalam budaya digital adalah orang yang bisa melakukan perubahan perilaku, seperti etika sosial dalam berdigital, keamanan siber, dinamika komunikasi, dan juga tren yang cepat berubah.

“Semua itu dilakukan untuk makin cakap digital dengan kembangkan literasi dan wawasan, mampu mengakses kemajuan digital dan teknologi. Serta siap menyambut dan bergabung dalam berbagai kesempatan pengembangan diri yang akan hadir,” jelasnya.

BACA JUGA:   Mengubah Media Sosial Menjadi Panggung Positif

Webinar Literasi Digital Nasional 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital wilayah Kota Pasuruan, Jawa Timur, ini juga menghadirkan pembicara lain, seperti Langgeng Ary Suprayogi, S. Pd (Founder & CEO Wartabromo) dan Moch. Mahsun, S.Kom., M.T. (Dosen Institut Agama Islam Syarifuddin).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Lindungi Diri di Dunia Online dengan Internet Sehat

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).