Rute Penerbangan Selandia Baru-Indonesia Kembali Dibuka

Tuesday, 04 April 23 Bonita Ningsih

Maskapai Air New Zealand kembali membuka rute penerbangannya dari Selandia Baru ke Indonesia tepatnya Auckland-Denpasar secara PP. Penerbangan perdananya kembali dilakukan pada tanggal 29 Maret 2023 dengan mengangkut penumpang sebanyak 255 orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut baik kabar tersebut karena menilai wisatawan asal Selandia Baru berkualitas dan memberikan dampak positif terhadap sektor parekraf. Berdasarkan data yang ia terima, durasi tinggal atau length of stay wisatawan asal Selandia Baru mencapai 10,3 hari dan rata-rata pengeluaran mereka di Indonesia sebesar U$1.376 per pax atau sekitar 20,6 juta.

BACA JUGA:   Thailand Keluarkan Larangan Merokok di 20 Pantai

“Jumlah tersebut setara dengan wisman asal Eropa yang saat ini tengah kita targetkan. Oleh sebabnya, kami berharap jumlah penerbangannya bisa ditingkatkan tiga kali dalam sepekan yaitu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu,” ungkap Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada 3 April 2023.

Penambahan jumlah penerbangan tersebut diharapkan dapat segera terealisasi karena Selandia Baru dianggap sebagai salah satu pasar yang potensial bagi sektor parekraf. Sandiaga menyebutkan sebelum pandemi COVID-19, wisatawan asal Selandia Baru tercatat ada lebih dari 131ribu yang berkunjung ke Indonesia. Oleh sebabnya, Kemenparekraf, menargetkan akana da 150ribu wisman dari Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia pada 2 hingga 3 tahun mendatang.

BACA JUGA:   TransNusa Buka Rute Penerbangan Baru ke Indonesia Timur

“Saat ini baru ada 40ribu hingga 80ribu, untuk seluruh oseania sudah mencapai angka tertinggi 1,3 juta,” Sandiaga menambahkan.

Tak hanya Selandia Baru, Sandiaga, juga mengatakan ada sejumlah penerbangan baru yang akan dibuka ke Indonesia. Beberapa di antaranya adalah penerbangan yang dilakukan Air Asia dengan rute Jakarta-Pnom Penh akan dibuka pada tanggal 19 April 2023. Kemudian ada TransNusa rute Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 April 2023.

“Saat ini rute yang sudah terbuka adalah Sri Lanka Airlines jurusan Jakarta-Colombo. Maskapai ini sudah beroperasi tujuh kali dalam sepekan dengan 2.000 seats setiap pekannya,” ucap Sandiaga.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Dorong Penyelenggaraan Event Untuk Kembangkan Destinasi Wisata

Lebih dari itu, pemerintah juga akan menyasar pasar India dengan membuka penerbangan langsung antara Indonesia-India. Rencananya, penerbangan dua negara tersebut akan dilakukan oleh maskapai IndiGo India dengan rute Mumbai-Jakarta dan Hyderabad-Kualanamu.